Anda sedang membaca arsip Milis Masterweb (milis-masterweb@yahoogroups.com). Milis ini terbuka untuk setiap praktisi web. Programer web, web designer, sysadmin, dsb. Bergabunglah dengan Masterweb Indonesia (MWI), Komunitas Praktisi Web Tertua & Terbesar di Indonesia! Website: www.master.web.id. Milis: groups.yahoo.com/group/milis-masterweb.

Percayakan hosting website Anda pada PT Masterweb Network (MWN), penyedia hosting yang telah Terpercaya sejak 2000. Dikelola Pakar/Praktisi Web Dan Selalu Terjangkau. 24x7, PHP/MySQL/CGI/ASP/POP/IMAP/dsb. Website: www.masterwebnet.com. Alamat: Cyber Building 10th Floor, Jl. Kuningan Barat 8, Jaksel 10270. Phone: 021-526-9311 (Hunting).

[MasterWeb] Permohonan ma'af SH-KlikBCa Copy Cat

From: Muhammad Prabowo (mprabowo@[HIDDEN])
Date: Fri Jun 08 2001 - 09:45:14 WIT

Pembuat Situs Palsu Minta Maaf
Reporter: Sigit Widodo

detikcom - Jakarta,Steven Haryanto, pembuat lima situs KlikBCA palsu
yang beralamat di wwwklikbca.com, kilkbca.com, clikbca.com,
klickbca.com
dan klik bac.com meminta maaf kepada pihak Bank Central Asia (BCA).
Permintaan maaf itu dikirimkan via email kepada BCA, Rabu (6/6/2001)
dan
ditembuskan pada redaksi detikcom dan Satunet.com.

Seperti diberitakan sebelumnya, Steven yang pernah bekerja di media
online Satunet.com ini telah membuat beberapa situs yang sama persis
dengan situs internet banking BCA yang beralamat di www.klikbca.com.

Jika masuk ke empat situs itu, Anda akan mendapatkan situs internet
yang
sama persis dengan situs klikbca.com. Hanya saja saat melakukan login,
Anda tidak akan masuk ke fasilitas internet banking bca dan akan
tertera
pesan "The page cannot be displayed". Fatalnya, dengan melakukan login
di situs-situs itu, user name dan PIN internet Anda akan terkirim pada
sang pemilik situs.

Dalam pernyataannya, Steven menyatakan menyesal dan mengakui telah
menimbulkan kerugian kepada pihak BCA dan pihak pelanggan yang
kebetulan
masuk ke situs palsu tersebut. Namun Steven menyatakan menjamin bahwa
dia tidak pernah dan tidak akan menyalahgunakan data tersebut.

Steven juga menyerahkan kembali data user yang didapatkannya kepada
BCA.
"Sejauh pengetahuan saya, data ini tidak pernah bocor ke tangan ketiga
dan hanya tersimpan dalam bentuk terenkripsi di harddisk komputer
pribadi saya. Mohon BCA segera menindaklanjuti data ini," tulis Steven.
Dia juga menyatakan akan menyerahkan semua domain kepada BCA.

Berikut surat permintaan maaf Steven kepada BCA:

Dear BCA,

Dengan ini saya:

Nama: Steven Haryanto

Alamat: ***** ***** ***/***, Bandung 40241

Pembeli domain-domain internet berikut:

WWWKLIKBCA.COM
KILKBCA.COM
CLIKBCA.COM
KLICKBCA.COM
KLIKBAC.COM

Melalui surat ini saya secara pribadi dan tertulis menyampaikan
permohonan maaf sebesar-besarnya. Saya menyesal dan mengakui telah
menimbulkan kerugian kepada pihak BCA dan pihak pelanggan yang
kebetulan
masuk ke situs palsu tersebut. Namun saya menjamin bahwa saya tidak
pernah dan tidak akan menyalahgunakan data tersebut. Bersama ini pula
data user saya serahkan kepada BCA. Sejauh pengetahuan saya, data ini
tidak pernah bocor ke tangan ketiga dan hanya tersimpan dalam bentuk
terenkripsi di harddisk komputer pribadi saya. Mohon BCA segera
menindaklanjuti data ini.

Dengan ini juga saya ingin menjelaskan bahwa perbuatan ini berangkat
dari rasa keingintahuan saja, untuk mengetahui seberapa banyak orang
yang ternyata masuk ke situs plesetan tersebut. Tidak ada motif
kriminal
sama sekali. Alasan nyatanya, saya bahkan memajang nama dan alamat asli
saya di domain tersebut, dan bukan alamat palsu. Sebab sejak awal
pembelian saya memang tidak berniat mencuri uang dari rekening
pelanggan.

Saya tidak pernah menjebol, menerobos, atau mencoba menerobos sistem
jaringan atau keamanan milik BCA/Internet Banking BCA. Melainkan, yang
saya lakukan yaitu membeli beberapa domain plesetan dengan uang saya
sendiri, dan menyalin halaman indeks dan halaman login www.klikbca.com
ke server lain. Itu tetap suatu kesalahan, saya akui.

Saya tidak pernah mengkopi logo KlikBCA atau mengubahnya. Semua file
yang dilihat pemakai, kecuali file halaman depan dan halaman login di
situs-situs gadungan, berasal dari server aslinya di
http://www.klikbca.com/.

Saya betul-betul mengharapkan apa yang telah saya perbuat ini LEBIH
BERDAMPAK AKHIR POSITIF KETIMBANG NEGATIF. Para pemakai dapat terbuka
masalahnya dan menjadi lebih sadar akan isu keamanan ini. Ingat iklan
Internet Banking Anda? "Pengamanan berlapis-lapis. SSL 128 bit...
Disertifikasi oleh Verisign...Firewall untuk membatasi akses... Userid
dan PIN." Apakah seseorang harus menciptakan teknologi canggih, menyewa
hacker jempolan, menjebol semua teknologi pengaman itu untuk memperoleh
akses ke rekening pemakai? Tidak. Yang Anda butuhkan hanyalah 8 USD.
Ironis memang.

Masalah TYPO SITE adalah MASALAH FUNDAMENTAL domain.com/.net/.org yang
tidak mungkin dihindari (kita dapat melihat database whois untuk
melihat
betapa banyaknya domain plesetan-plesetan yang dibeli pihak ketiga).
Kebetulan dalam percobaan saya ini adalah klikbca.com. Semua
situs-situs
online sebetulnya terancam akan masalah ini, yaitu masalah pembelian
domain salah ketik. Saat ini saya sendiri telah/akan terus berusaha
untuk menjernihkan masalah ini kepada khalayak ramai dan tidak
bermaksud
sama sekali merugikan pihak BCA maupun customernya. Semua domain
plesetan akan saya serahkan kepada BCA tanpa perlu BCA mengganti biaya
pendaftaran. Itu tidak saya harapkan setimpal dengan kerugian yang
mungkin telah saya timbulkan, tapi hanya untuk menunjukkan rasa
penyesalan dan permohonan maaf saya.

Demikian surat ini dibuat. Saya lampirkan juga kepada media massa
sebagai permohonan maaf kepada publik dan akan saya taruh di situs
master.web.id dan situs lain sebagai pengganti artikel sebelumnya yang
telah diminta secara baik-baik oleh BCA untuk diturunkan.

Saya juga memohon kebijaksanaan para netter dan pembaca untuk tidak
mengacuhkan forward email yang beredar dan bernada miring. Seperti yang
saya jelaskan inilah yang terjadi dan tidak pernah ada penyalahgunaan
data atau pencurian.

Semua situs gadungan telah diganti dengan peringatan dan link ke
www.klikbca.com (situs asli). Tidak ada lagi data yang direkam. Semua
domain akan saya serahkan ke BCA. Terima kasih atas pengertian Anda
semua.

Salam,

Steven Haryanto
Bandung, 6 Juni 2001

(sgt)

Promosi GRATIS untuk situs anda www.advertisingbanner.com
Search Engine Foto Artis Pertama Indonesia www.hotgraphic.com
Search Engine Bisnis Pertama Indonesia www.netcrawler.com
Search Engine Selebriti Pertama Indonesia www.selebriti.com
Is Your Webmaster Skill Internationally Certified?
www.webmastercertification.web.id